4 Manfaat Sinar Matahari (Yang Akan Membuat Anda Ingin Keluar Rumah)

Membaca: 4 menit

Dari hubungan hingga perawatan kulit, hidup adalah tentang keseimbangan.

Dan ketika harus menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, keseimbangan adalah aturan utama. Tapi, dalam hal kesehatan mental, kesehatan fisik, dan menikmati kehidupan di luar ruangan, berapa banyak waktu yang tepat di bawah sinar matahari?

Mari kita lihat manfaat paparan sinar matahari dan bagaimana Anda dapat memutuskan apakah Anda mendapatkan cukup.

4 manfaat matahari teratas yang harus Anda ketahui:

1. Tidur Anda mungkin membaik

Sementara ‘petualangan sekarang, tunda nanti’ mungkin menjadi motto cuaca cerah Anda, sinar matahari sebenarnya dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Bagaimana? Dua kata: ritme sirkadian.

Ritme sirkadian Anda bekerja seperti jam utama tubuh Anda. Dan menggunakan sinar matahari (antara lain) untuk membantu menyelaraskan jam bangun dan tidur Anda dengan siang dan malam.1

Pada titik itu, penelitian menunjukkan bahwa tidak mendapatkan cukup sinar matahari di siang hari dapat berdampak negatif pada siklus tidur Anda. Sementara itu, mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup dapat membantu menjaga ritme Anda tepat sesuai jadwal.2

2. Anda mungkin merasa lebih baik

Tidak mengherankan di sini — bersantai di bawah sinar matahari bisa terasa sangat menyenangkan. Tapi apakah Anda tahu ilmu di baliknya?

Ada hormon yang bertanggung jawab atas perasaan cerah itu. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa paparan sinar matahari dapat meningkatkan kadar beta-endorfin kita. Juga bertanggung jawab untuk ‘runner’s high’, hormon bahagia ini adalah obat penghilang rasa sakit alami dan penambah suasana hati.

Tapi, ini lebih dari sekedar perbaikan cepat. Ada beberapa manfaat kesehatan mental yang berpotensi bertahan lama juga. Sinar matahari juga dapat mempengaruhi jumlah serotonin (AKA thehormon perasaan-baik’) yang diproduksi otak Anda. Dan kadar serotonin yang seimbang dapat membantu Anda merasa lebih fokus, bahagia, dan tenang dalam keseharian Anda.3

3. Anda dapat membantu memberi tubuh Anda dorongan vitamin D

Juga dikenal sebagai ‘vitamin sinar matahari’, vitamin D sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Sangat penting bahwa sebagian besar sel dan organ di seluruh tubuh kita memiliki reseptor vitamin D. Dan gangguan kesehatan yang tak terhitung jumlahnya telah dikaitkan dengan kekurangan vitamin D.3

Berita bagus? Tubuh kita dapat memproduksi vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Radiasi UVB merupakan sumber utama penghasil vitamin D di kulit dan sumber vitamin D terbesar bagi tubuh. Dan secara keseluruhan, sekitar 90% kebutuhan kita sehari-hari terpenuhi hanya dengan menghabiskan waktu di bawah terik matahari. 4

Bagaimana dengan 10% lainnya? Coba dan suplemen antioksidan diformulasikan dengan vitamin D untuk kesehatan kulit yang optimal. Bahan-bahan yang meningkatkan cahaya hanyalah bonus.

4. Beberapa kondisi kulit bisa menjadi lebih baik

Meskipun matahari adalah penyebab utama penuaan kulit yang terlihat, itu tidak semuanya berita buruk! Yakin kondisi kulit sebenarnya dapat membaik dengan sedikit paparan sinar matahari.

Ambil jerawat misalnya. Sinar matahari dapat membantu membersihkan beberapa jenis jerawat sementara. Pastikan Anda tidak melupakan tabir surya spektrum luas. Terutama ketika beberapa obat atau perawatan kulit dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Berapa banyak sinar matahari yang Anda butuhkan setiap hari?

Itu pertanyaan yang bagus — tetapi juga sulit untuk dijawab. Singkatnya, berapa banyak sinar matahari yang Anda butuhkan tergantung pada gaya hidup Anda, warna kulit, dan di mana Anda tinggal. Bahkan dengan mempertimbangkan semua itu, jawabannya masih sedikit rumit…

Terlalu banyak dan terlalu sedikit sinar matahari bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.2 Kulit kita memiliki memori, yang berarti setiap waktu yang dihabiskan di bawah sinar matahari menambah risiko kanker kulit. Tapi, jika kulit Anda tidak terbiasa mendapatkan sedikit sinar matahari, risiko terbakar sinar matahari dan menyebabkan kanker kulit juga bisa meningkat.3

Garis bawah? Anda hanya membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk mendapatkan semua Vitamin D yang Anda butuhkan, menyeimbangkan ritme sirkadian Anda, dan meningkatkan mood Anda. Tetapi, bahwa jumlah yang diperlukan bervariasi per orang.

Berapa banyak waktu yang harus Anda habiskan di bawah sinar matahari?

Tidak ada satu ukuran untuk semua jawaban. Inilah tolok ukur yang bisa Anda mulai, lalu putuskan apa yang terbaik untuk kulit Anda:

  • Orang dengan kulit Tipe II (mudah terbakar, warna cokelat minimal) yang tinggal di sekitar garis lintang yang sama dengan Denver, Madrid, atau Ankara bisa mendapatkan semua vitamin D yang mereka butuhkan dalam setahun dengan sekitar 15 menit sinar matahari di wajah, lengan dan kaki, 2 hingga 3 kali seminggu, antara pukul 11 ​​pagi dan 3 pagi. sore, Mei hingga Oktober. 3
  • Orang-orang dengan kulit lebih melanated akan membutuhkan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan vitamin D mereka.3
  • Orang yang hidup dengan gaya hidup yang sebagian besar di dalam ruangan juga kemungkinan akan membutuhkan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari.4
  • Orang dengan kulit yang sangat cerah harus menghabiskan lebih sedikit waktu di bawah sinar matahari.3
  • Pastikan untuk periksa kadar vitamin D Anda selama pemeriksaan medis tahunan dengan dokter Anda.

Kiat waktu sinar matahari setiap hari

Selalu gunakan tabir surya SPF tinggi untuk membantu melindungi kulit Anda. Terapkan kembali sesering yang disarankan pada label. Selain itu, suplemen penambah kulit dapat membantu Anda merasa lebih siap menghadapi bulan-bulan yang lebih cerah. Satu hal terakhir yang perlu diingat: penelitian menunjukkan bahwa paparan sinar matahari secara teratur lebih sehat daripada semburan sinar matahari secara acak.5

Sekarang keluarlah dan dapatkan sinar matahari harian Anda!

References:

Chandra, P., Wolfenden, L. L., Ziegler, T. R., Tian, J., Luo, M., Stecenko, A. A., Chen, T. C., Holick, M. F., & Tangpricha, V. (2007, October). Treatment of vitamin D deficiency with UV light in patients with malabsorption syndromes: A case series. Photodermatology, photoimmunology & photomedicine. Retrieved July 13, 2022, from  

Rhee, H. J. van der, Vries, E. de, & Coebergh, J. W. (2016, October 19). Regular Sun Exposure Benefits Health. Medical Hypotheses. Retrieved July 13, 2022, from 
 
The risks and benefits of Sun Exposure 2016. Taylor & Francis. (2015, August 27). Retrieved July 13, 2022, from  

Sunlight: For better or for worse? A review of positive and negative ... (n.d.). Retrieved July 13, 2022, from 
/Sunlight-For-Better-or-For-Worse-A-Review-of-Positive-and-Negative-Effects-of-Sun-Exposure.pdf 

What is circadian rhythm? Sleep Foundation. (2022, April 8). Retrieved July 13, 2022, from  

Belum ada suara.