Apa itu Exposome dan Bagaimana Pengaruhnya pada Kulit Anda?

Membaca: 6 menit

Polusi dalam perjalanan Anda ke tempat kerja, seberapa larut Anda tidur tadi malam, bahkan apa yang Anda makan untuk makan siang… Pilihan dan lingkungan harian Anda memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan. Dan ketika datang ke kulit Anda, mereka bahkan bisa menjadi meningkatkan tanda-tanda penuaan.

Faktor-faktor sehari-hari ini membentuk apa yang disebut exposome. Mari kita telusuri definisi exposome, bagaimana hal itu mempengaruhi kulit Anda, dan beberapa tips ahli dari dokter kulit tentang bagaimana Anda dapat melawannya.

Apa itu eksposisi?

Bagi kita yang bukan ilmuwan, kita mungkin bisa menggunakan penyegaran tentang apa yang dimaksud dengan exposome. Diciptakan oleh ahli epidemiologi molekuler Christopher P. Wild pada tahun 2005, exposome menggambarkan jumlah faktor yang kita hadapi yang mempengaruhi kesehatan kita.

Ini menjelaskan bagaimana faktor-faktor dari lingkungan dan gaya hidup kita berinteraksi dengan karakteristik individu kita seperti genetika dan memengaruhi kesehatan kita. Karena sementara genetika memainkan peran penting dalam kesejahteraan kita, mereka hanya menjadi faktor 20% dari penyakit kronis. Mayoritas yang tersisa dapat dikaitkan dengan paparan — menjadikannya masalah yang cukup besar.

Kabar baiknya adalah bahwa meskipun kita tidak dapat memilih genetika kita, kita dapat memperbarui gaya hidup kita.

Bagaimana pengaruhnya terhadap kulit Anda?

Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh kita. Dengan luas hampir 22 kaki persegi, itu adalah penghalang antara tubuh kita dan dunia luar. Jadi secara alami, lingkungan dan pilihan gaya hidup kita sehari-hari juga mempengaruhi kesehatan dan penampilan kulit kita. Faktanya, 80% dari penuaan kulit yang terlihat dapat dikaitkan dengan satu faktor paparan: Radiasi ultraviolet.

80% dari penuaan kulit yang terlihat disebabkan oleh satu faktor paparan: radiasi UV.

7 faktor paparan yang dapat membahayakan kulit Anda

Tujuh faktor paparan umum dan gaya hidup dapat mempengaruhi kesehatan dan penampilan kulit secara negatif: paparan sinar matahari, merokok, cuaca, diet, stres, kurang tidur, dan polusi.

faktor paparan kulit

Mari kita lihat bagaimana masing-masing dari mereka mempengaruhi kulit kita dan bagaimana kita bisa melawan.

1. Tingkat paparan sinar matahari Anda

Hari-hari cerah tidak diragukan lagi adalah yang terbaik. Tapi saat menyerap sinar matahari terasa luar biasa dan membantu memberi kita vitamin D, itu juga penyebab utama munculnya penuaan kulit.

Radiasi matahari, dan terutama radiasi UV, mempercepat tanda-tanda penuaan kulit (seperti bintik hitam dan garis-garis halus) lebih dari apa pun dalam paparan Anda. Dan tidak hanya itu, juga meningkatkan risiko kanker kulit.

Namun, radiasi matahari bukan hanya masalah musiman. Kami terus-menerus terpapar sinar UVA dan UVB saat mengendarai mobil, duduk di dalam kantor yang terang, dan bahkan berjalan-jalan di hari berawan.

Radiasi matahari adalah penyebab # 1 penuaan kulit yang terlihat.

Cara melawan:

tabir surya, selalu. Kami mengunjungi Kepala Dermatologi di Beteré Clinic di Madrid, Spanyol Dr. Paloma Borregón untuk mendapatkan pendapat ahlinya: “Krim yang saya gunakan setiap hari adalah tabir surya. Tidak ada perawatan anti-kerut atau anti-penuaan yang lebih baik daripada tabir surya.”

Lakukan rutinitas sehari-hari dengan menerapkan SPF tinggi, tabir surya wajah spektrum luas, dan ingatlah untuk mengoleskannya kembali setiap dua jam. Langkah sederhana ini dapat membantu untuk memerangi hingga 80% dari tanda-tanda penuaan kulit yang terlihat.

lindungi dari penyebab terbesar penuaan kulit dengan tabir surya

2. Anda merokok

Asap tembakau mengandung lebih dari 3.800 bahan kimia berbahaya yang berbeda: nikotin, karbon monoksida, tar, amonia, dan masih banyak lagi. Merokok adalah kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan dan kulit Anda.

Tahukah Anda bahwa 10 tahun merokok dapat membuat kulit Anda terlihat 2,5 tahun lebih tua dari biasanya? Kerutan di sekitar bibir, kerutan di dahi, noda hitam, dan warna kulit keabu-abuan adalah efek samping yang bisa dialami kulit Anda.

10 tahun merokok dapat menambah 2,5 tahun tambahan pada tampilan kulit Anda.

Cara melawan:

Kami di sini bukan untuk menghakimi. Tetapi ketika datang untuk meningkatkan penampilan kulit Anda dan kesehatan Anda secara keseluruhan, berhenti merokok adalah cara yang harus dilakukan.

3. Diet Anda bisa lebih baik

Makanan memainkan peran utama tidak hanya dalam kesehatan kita secara umum tetapi juga dalam penampilan kulit kita. Faktanya, hingga 30% pembentukan kerutan dapat dikaitkan dengan nutrisi. Dan gigi manis di mana-mana berhati-hatilah: konsumsi gula yang berlebihan dapat berkontribusi pada garis yang tidak diinginkan juga.

Hingga 30% dari garis-garis halus dapat dikaitkan dengan nutrisi yang buruk.

Cara melawan:

Kita adalah apa yang kita makan. Pola makan yang sehat dapat meningkatkan tingkat energi, suasana hati, dan tubuh kita dari dalam ke luar. Jadi, mengikuti diet yang bervariasi dan seimbang juga dapat memperbaiki tampilan kulit kita.

Vitamin dan mineral membantu melindungi kita dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dan dapat membantu menunda munculnya penuaan kulit. Persediaan makanan super untuk kulit Andaseperti buah-buahan dan sayuran musiman, dan mengurangi gula rafinasi akan membuat Anda bersinar dalam waktu singkat.

4. Anda membuat kulit Anda stres

Emosi kita yang tidak terlalu disukai seperti stres dan kecemasan juga tercermin melalui kulit kita. Stres dapat menyebabkan kondisi kulit seperti eksim dan jerawat, atau memperburuk gejala masalah yang ada seperti dermatitis atopik atau seboroik.

Kortisol adalah hormon yang diproduksi sebagai respons terhadap stres. Dan kadar kortisol yang tinggi dapat menekan sistem kekebalan Anda, meningkatkan stres oksidatif, dan merusak fungsi penghalang kulit Anda. Jadi tidak heran itu stres mungkin berhubungan dengan perubahan warna kulit, berkurangnya elastisitas, dan garis-garis halus.

Stres kronis dapat meningkatkan munculnya perubahan warna kulit dan garis-garis halus.

Cara melawan:

Saatnya untuk memperlambat dan mengambil napas. Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi untuk mempertahankan ritme harian kita, kita perlu mengisi ulang baterai kita. Temukan waktu untuk diri sendiri beberapa menit setiap hari untuk melakukan sesuatu yang membuat Anda senang. Cobalah mengukir momen tenang untuk menjaga diri sendiri dan Berhati-hatilah saat menerapkan produk perawatan kulit Anda.

Tingkat stres dan kortisol juga dapat diturunkan melalui latihan fisik atau tidur malam yang nyenyak. Membawa kita ke poin berikutnya…

5. Anda kurang tidur

Jadwal yang padat dan pengguliran larut malam dapat memengaruhi suasana hati dan tidur kita. Tetapi, memprioritaskan istirahat sangat penting untuk merasakan dan mencari yang terbaik.

Kurang tidur dapat melemahkan penghalang pelindung kulit dan menghambat responsnya terhadap faktor paparan eksternal lainnya. Dan tidur kurang dari lima jam sehari sebenarnya dapat meningkatkan tanda-tanda penuaan kulit yang mengganggu seperti kulit kusam, lingkaran hitam di bawah mata, dan garis-garis halus.

Tidur kurang dari 5 jam sehari meningkatkan tanda-tanda penuaan kulit.

Cara melawan:

Untungnya, ini adalah salah satu faktor paparan yang mempengaruhi kulit yang Anda bisa kontrol.

Pada malam hari, kulit Anda beralih dari mode perlindungan ke mode perbaikan untuk pulih dari tekanan hari itu. Melatonin dan produksi hormon pertumbuhan manusia (HGH) didorong, yang pada gilirannya mempercepat regenerasi kulit dan produksi enzim antioksidan. Jadi menangkap beberapa z tambahan secara alami akan membantu kulit Anda.

Seolah-olah semua itu tidak cukup menjanjikan, pada malam hari kulit Anda juga lebih mudah menerima produk perawatan kulit topikal, karena lebih permeabel. Coba perkenalkan melatonin topikal yang kaya antioksidan ke dalam rutinitas malamseperti serum yang kaya, krim tidur kecantikan, atau bahkan krim mata malam hari untuk tampilan yang sepenuhnya beristirahat.

6. Anda terkena polusi

Setiap hari kita terpapar polusi tingkat tinggi. Terutama bagi kita yang tinggal di kota-kota besar yang ramai. Dan polusi adalah bagian dari paparan kami itu erat kaitannya dengan penuaan dini pada kulit.

Polusi yang disebabkan oleh tembakau, logam berat di lingkungan, dan emisi CO2, hanyalah beberapa penyebab utama. Mikropartikel mereka yang tersuspensi di udara menempel pada kulit. Seiring waktu, ini dapat menyebabkan kerusakan sel melalui stres oksidatif pada kulit Anda dan meningkatkan munculnya kerutan, mengurangi kekencangan dan elastisitas kulit, membuat kulit kusam, dan menyebabkan pigmentasi yang tidak merata. Faktanya, banyak penelitian menunjukkan bahwa polusi adalah penyebab utama bintik hitam. Astaga!

Studi menunjukkan bahwa polusi adalah penyebab utama bintik hitam.

Cara melawan:

Kombinasikan pembersihan yang baik dengan produk peremajaan yang mengandung antioksidan ke dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda. Bersihkan kulit Anda setiap hari, dan terutama di malam hari, untuk menghilangkan partikel polusi yang menempel. Kemudian tambahkan restoratif antioksidan seperti vitamin Cditemukan dalam serum Flavo-C Ultraglican ampul siang hari, dan melatonindalam serum Melatonik malam hari 3-in-1, untuk membantu memerangi tanda-tanda penuaan yang disebabkan oleh kerusakan oksidatif.

7. Anda terkena suhu ekstrim

Anda tahu apa yang mereka katakan. Jika Anda tidak tahan panas… kulit Anda mungkin merasakan hal yang sama? Suhu tinggi yang ekstrim dapat menyebabkan kerusakan oksidatif, berkontribusi terhadap penuaan dini pada kulit.

Paparan panas yang ekstrim dikaitkan dengan tanda-tanda penuaan kulit dini.

Cara melawan:

Jika pekerjaan Anda bergantung pada situasi panas tinggi, tidak banyak yang dapat Anda lakukan di sini. Tapi, sedikit perawatan diri proaktif tidak ada salahnya. Coba tambahkan serum pengelupasan yang ditargetkan untuk membantu meratakan warna kulit dan mengembalikan luminositas — Rutinitas Mencerahkan kami adalah tempat yang tepat untuk memulai.


Kulit yang sehat dan bercahaya adalah cerminan dari kesehatan yang prima secara keseluruhan. Berfokus pada bagaimana Anda dapat meningkatkan pengalaman sehari-hari Anda dengan faktor-faktor paparan seperti tidur, polusi, dan diet dapat memberikan keajaiban bagi penampilan dan kesejahteraan kulit Anda. Dan hanya untuk ukuran yang baik, inilah pengingat favorit kami sekali lagi: jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setiap hari.

Referensi:

Khmaladze I, Leonardi M, Fabre S, Messaraa C, Mavon A. The Skin Interactome: A Holistic "Genome-Microbiome-Exposome" Approach to Understand and Modulate Skin Health and Aging. Clin Cosmet Investig Dermatol. 2020 Dec 24;13:1021-1040. doi: 10.2147/CCID.S239367

Peringkat: 5.0/5. Dari 2 suara.

kamu memilih 52 tahun lalu.