Wed. Jul 28th, 2021

Pada Tahun 2020 menjadi awal mula BUMN membangun Platform digital jual beli barang dan jasa pemerintah yang memiliki nama Pasar Digital UMKM atau bisa dipanggil PaDi UMKM ini yang nanti menjadi wadah para BUMN untuk berbelanja dan membuka jalan untuk UMKM agar mampu berjualan secara online dan menjadi Go Digital di masa depan.

Dikutip dari Media Sosial PaDi UMKM (28/12/20), PaDi UMKM masih memiliki Tips-tips lagi seputar produk untuk para UMKM terutama bagi yang telah bergabung di platform digital pengadaan barang dan jasa pemerintah ini. Dengan adanya tips dan trik seputar produk ini diharapkan para pelaku usaha UMKM yang ingin mencoba mengunggah produknya agar terlihat lebih menarik dimata para pembeli yaitu pihak BUMN.

Tips produk kali ini yaitu tentang Tips membuat deskripsi produk agar lebih menarik, deskripsi produk adalah opsi kedua setelah pembeli melihat gambar produk yang dijajakan. Ketika deskripsi tersebut menarik dan menuliskan perbedaan serta kelebihan yang dimiliki oleh produk tersebut dibandingkan dengan produk lain maka produk tersebut tentu akan menarik minat pembeli untuk segera memesan produk tersebut bahkan mungkin dalam jumlah yang besar.

Simak tips ini baik-baik, agar produk tersebut laku dimata para pembeli yaitu BUMN. Pertama, Jadikan produk Anda sebuah solusi, pastikan fungsi produk tersebut menjadi solusi untuk setiap kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen. Ketika produk tersebut menyelesaikan masalah para pembeli, tentu mereka akan tergantung dengan produk tersebut dan bahkan jika produk tersebut memiliki kualitas yang terbaik maka akan dengan mudahnya mereka menghubungi vendor anda secara terus menerus.

Tips kedua untuk membuat deskripsi produk adalah kenali target calon konsumen, sesuaikanlah Bahasa penjelasan produk atau jasa yang didagangkan dengan target calon konsumen anda. Misalkan, konsumen anda memiliki range umur 30-40 maka sesuaikanlah dengan gaya Bahasa serta penyampaian yang tepat untuk kalangan umur tersebut. Lalu, calon konsumen menyukai hal yang to the point atau tidak bertele-tele, alangkah baiknya jika penyampaiannya juga langsung dijabarkan kelebihan dari produk tersebut ketika dikonsumsi.

Tips ketiga untuk membuat deskripsi produk yang menarik ialah gunakan kalimat yang jelas dan ringkas. Pernyataan seputar produk yang dijelaskan harus langsung pada inti dan beri tahu calon konsumen bahwa produk tersebut unggul dari segi lain yang tidak dimiliki oleh siapapun. Contoh kualitas bahan yang bagus serta harga yang murah untuk bahan seperti ini, tentu calon konsumen akan sangat mudah untuk memutuskan pembelian pada toko anda.

Tips keempat untuk membuat deskripsi produk yang menarik ialah beritahu kondisi dan harga pada produk tersebut, misal kondisi produk ini harus digunakan sesuai dengan tanggal kadaluwarsa yang dicantumkan, bisa juga misalkan barang tersebut tidak bisa terkena matahari secara langsung, atau kuantitas pemesanan harga minimal satu lusin. Lengkapnya penjelesannya kondisi serta harga yang sesuai jika pemesanan banyak juga sangat menentukan pembelian terutama jika produk tersebut dalam jumlah banyak. Dengan anda terapkan tips ini, sangat kecil kemungkinan produk anda tidak dilirik maupun minimnya kendala saat proses pembelian.